Sabtu, 20 Mei 2023

0 Tingkatkan Ketahanan Pangan, Persit KCK Koorcab Rem 133 PD XIII/Merdeka Panen Bawang Merah Di Lahan Kebun Makorem 133/NW

 

Dalam upayanya memberi motivasi bagi masyarakat serta anggota TNI dan Persit, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi. Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 133 PD XIII/Merdeka melaksanakan panen bawang merah, bertempat di lahan kebun Makorem 133/Nani Wartabone Jl.Trans Sulawesi Desa Tridharma Kec. Pulubala Kab. Gorontalo, Sabtu (20/5/2023).

Kegiatan panen bawang merah tersebut dipimpin langsung oleh Danrem 133/NW Brigjen TNI Totok Sulistyono, S.H., M.M., M.I.P dengan didampingi Ketua Persit KCK Koorcab Rem 133 PD XIII/Mdk Ny. Dewi Totok Sulistyono dan turut hadir Kasrem 133/NW, Para Kasi Kasrem 133/NW, Dandim 1314/Gorut, Wakil Ketua Persit KCK Koorcab Korem 133/NW PD XIII/Mdk dan Para pengurus Persit KCK Koorcab Korem 133.

Dalam sambutannya, Kasiter Kasrem 133/NW Kolonel Inf Yayat Priatna P, S.I.P M.Tr. Han, menyampaikan hari ini melaksanakan panen bawang bersama di lahan kebun Korem 133/NW, untuk bawang merah yang di panen hari ini bibitnya berasal dari daerah Kotamobagu dan sebelumnya pernah ditanami dengan berbagai macam tanaman seperti cabe, tomat, kacang tanah dan sayur-sayuran lainnya.

"Kita ketahui bersama bahwasannya bawang merah merupakan salah satu bahan pokok yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan juga bisa menjadi komoditi sayuran serta kestabilan perputaran ekonomi bagi pemerintah daerah setempat dalam hal ini di Gorontalo," ungkapnya.

Lanjut Kasiter, untuk diketahui program tanam bawang merah ini dilaksanakan dengan tujuan untuk ketahanan pangan wilayah dan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, adapun jenis bawang merah yang ditanam Saat ini adalah Bawang Merah Bima yang memiliki keunggulan lebih besar, bentuknya cenderung tahan panas, dan cocok untuk kondisi geografi Gorontalo untuk di budidayakan di lahan kebun Korem ini.

Dalam kesempatan tersebut,
Ketua Persit KCK Koorcab Rem 133 PD XIII/Mdk Ny. Dewi Totok Sulistyono menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan guna menambah perekonomian dalam rumah tangga. Dengan hasil panen bawang merah ini, secara otomatis menghemat dapur rumah tangga.

Salah satu langkah kongkrit yang dilakukan oleh Persit adalah setiap anggotanya untuk memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan kosong di sekitar rumah dinas ataupun rumah pribadi masing masing.

Berkebun di pekarangan bisa menjadi solusi pangan keluarga, memperoleh sayuran yang sehat dan terasa aman dalam mengonsumsinya. Dengan berkebun, kita bisa belajar bagaimana caranya untuk bercocok tanam.

"Dari hasil yang dipanen ini sebagai contoh kepada seluruh Ibu-Ibu Persit dan berharap bisa juga memotivasi masyarakat lainya dalam hal budidaya tanaman bawang merah dan sayur-sayuran lainnya yang dapat bermanfaat menambah perekonomian keluarga," terangnya.

"Kegiatan ini merupakan Program Kerja Korem 133/Nani Wartabone, dalam memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki oleh Korem 133/NW untuk dilakukan budidaya tanaman bawang merah guna mendukung kebutuhan sayuran keluarga Korem 133/Nw," tutup Ny. Dewi Totok Sulistyono.

Dalam panen ini Ibu-ibu Persit sangat antusias dan merasakan kebahagian bersama hasil dari memanfaatkan lahan kosong di sekitar satuan sebagai kebun sehingga lebih produktif. Hasil panen itu kemudian dibagikan kepada ibu-ibu Persit dan sebagian lagi dibagikan kepada para Anggota Makorem dan untuk hasil panen bawang merah dengan luas lahan relatif kecil kurang lebih 30 x 35 meter tersebut dapat menghasilkan hasil panen mencapai kurang lebih 1 ton.

0 komentar:

Posting Komentar

 

. PENERANGAN KOREM 133/NWB | KODAM MERDEKA