Selasa, 20 Juni 2023

0 Korem 133/NW Gelar Binkomsos  Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme TA.2023

 

Komandan Korem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono, S.H., M.M., M.I.P., membuka kegiatan Pembinaan Komunikasi Sosial (Binkomsos) cegah tangkal radikalisme/separatisme tahun 2023, bertempat di Aula Makodim 1304/Gorontalo Jl. Nani Wartabone Kel. Biawao Kec. Kota Selatan, Kota Gorontalo, Selasa (20/6/2023).

Pada kesempatan tersebut Danrem 133/NW menyampaikan bahwa radikalisme dan separatisme merupakan persoalan serius dan menjadi ancaman yang potensial bagi kondusifitas dan stabilitas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Acara Binkomsos ini, merupakan program Pimpinan TNI AD bidang Teritorial yang bertujuan, sebagai upaya benteng pertahanan dalam menghadapi ancaman paham radikalisme dan separatisme guna menjaga kedaulatan NKRI, yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 bagi segenap komponen bangsa. Arti penting kesadaran tentang pemahaman bahaya radikalisme dan separatisme harus dimengerti, oleh komponen bangsa yang berkepribadian dan berjiwa Bhinneka Tunggal Ika." tagasnya.

Danrem mengatakan disamping itu juga perlu adanya sosialisasi bagi komponen bangsa untuk pembinaan karakter kebangsaan dengan penanaman pemahaman tentang Empat Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, sehingga masyarakat tidak mudah terjebak dalam arus paham radikal.



Melalui pembekalan ini diharapkan dapat memutus mata rantai dari sel-sel jaringan radikalisme dan deradikalisasi yang dapat membahayakan keutuhan bangsa Indonesia, hal ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau aparat pemerintah saja namun juga menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa.

Lanjutnya, kontra radikal sangat diperlukan kerjasama antara masyarakat dan aparat untuk membendung pengaruh radikal yang dapat berujung tindakan anarkis serta aksi-aksi terorisme, maka kita sebagai prajurit selaku pembina kewilayahan, harus mampu berkoordinasi serta bekerjasama dengan semua komponen masyarakat dalam upaya kontra radikalisasi dan deradikalisasi.

Tema pembinaan Komsos kali ini yaitu "Ideologi Pancasila Sebagai Benteng Menangkal Dari Ancaman Radikalisme dan Separatisme". "Saya menekankan kepada seluruh peserta yang hadir agar menyampaikan materi yang didapat dalam kegiatan ini kepada kerabat, rekan dilingkungan instansi kerja serta masyarakat di sekitarnya sehingga kita dapat menangkal segala ancaman yang dapat mengganggu stabilatas keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasrem 133/NW Kolonel Inf. Mochmamad Arief Hidayat, para Kasi Korem 133/NW, para Dan/Kasatbalak jajaran Korem 133/NW, Kesbangpol Kota Gorontalo Dr. H Mansyur Basir MH, Kasat Sabhara Polres Kota Gorontalo AKP Ondang, Para tokoh agama, tokoh adat dan para pelajar.

0 komentar:

Posting Komentar

 

. PENERANGAN KOREM 133/NWB | KODAM MERDEKA