Rabu, 22 Maret 2023

0 Kasrem 133/NW Hadiri Acara Tonggeyamo Penentuan 1 Ramadhan 1444 H Tingkat Provinsi Gorontalo

 

Kepala Staf Korem (Kasrem) 133/Nani Wartabone Kolonel Inf Mochamad Arief Hidayat menghadiri acara Tonggeyamo Penentuan 1 Ramadhan 1444 H tingkat Provinsi Gorontalo, bertempat di Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo, Jl. Nani Wartabone Kel. Biawao Kec. Kota Selatan Kota Gorontalo, Rabu (22/3/2023).

Adat Tonggeyamo merupakan adat dan budaya Gorontalo yang wajib digelar setiap kali menyambut bulan suci Ramadan maupun penetapan 1 syawal. Hal itu sebagai pemberitahuan resmi lembaga adat dan pemerintah daerah kepada umat muslim mengacu pada hasil sidang isbat oleh Kementerian Agama RI.

Tradisi ini untuk mendengarkan pengumuman penetapan 1 Syawal 1444 Hijriyah oleh Pemerintah pusat melalui Kementerian Agama 1 Syawal ditetapkan jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023. Hal itu sesuai dengan hasil sidang isbat yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas yang dilaksanakan di Kantor Kemenag RI, Jakarta.

Kemenag RI menjelaskan, pengamatan hilal dilakukan di 124 titik di 34 Provinsi di Indonesia. Sebagian banyak melaporkan telah melihat hilal, hanya beberapa yang tak melihat. Berdasarkan hisab seluruh hilal di Indonesia sudah di atas ufuk dan memenuhi MABIMS, Sehingga 1 Ramadan dimulai pada besok hari.

Pada kesempatan tersebut, Penjabat Gubernur Gorontalo Dr. Ir. Hamka Hendra Noer, M.Si. menyampaikan Tradisi Tonggeyamo merupakan pedoman masyarakat Gorontalo dalam menentukan awal bulan suci Ramadhan, dimana tokoh-tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemerintah duduk bersama untuk mendengarkan pandangan dan saran tentang awal bulan Ramadhan 1444 H. 

Menurut perhitungan pergerakan bulan atau penanggalan oleh tokoh agama dan tokoh adat Gorontalo. Namun saat ini Tonggeyamo menyesuaikan dengan Sidang Isbat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama. Meskipun demikian tradisi Tonggeyamo harus tetap kita pertahankan sebagai salah satu warisan budaya lokal Gorontalo.

"Menghimbau kepada seluruh masyarakat Gorontalo untuk mengisi bulan Ramadhan 1444 H dengan amalan-amalan yang benar-benar mencerminkan hakikat diri kita sebagai hamba Allah SWT," tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kabinda Gorontalo Suryono, S.S, Karo SDM Polda Gorontalo Kombes Pol. Agus Nugroho, Pj. Sekda Prov. Gorontalo Syukri Botutihe, Kakanwil Kemenag Prov. Gorontalo Dr. Muflih B. Fattah, MM, Pimpinan OPD Prov. Gorontalo, Ketua Lembaga Adat Prov. Gorontalo AD. Khali, Imam Wilayah Provinsi Gorontalo Kasim Yasin.

0 komentar:

Posting Komentar

 

. PENERANGAN KOREM 133/NWB | KODAM MERDEKA