Minggu, 01 Oktober 2023

0 Korem 133/Nani Wartabone Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober Tahun 2023

 

Komando Resor Militer (Korem) 133/Nani Wartabone menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober Tahun 2023 bertempat di Lapangan Upacara Makorem 133/NW, Jl. Trans Sulawasi Desa Tridharma Kec. Pulubala Kab. Gorontalo, Minggu (1/10/2023).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Korem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono, S.H., M.M., M.I.P., pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober Tahun 2023, sebagai Komandan Upacara Pasilog Kodim 1304/Gorontalo Mayor Inf Echsan S, Perwira Upacara Pasipers Korem 133/NW Kapten Inf Syamsudin dan diikuti oleh Kasrem 133/NW Kolonel Inf Mochamad Arief Hidayat, para Kasi Kasrem 133/NW, seluruh personel Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Makorem serta Satbalak aju jajaran Korem 133/NW.

Adapun susunan upacara Irup tiba dilapangan upacara, Penghormatan oleh Danup kepada Irup, Laporan Danup, Pembacaan teks Pancasila oleh Irup, pembaca UUD 1945 oleh Pgs. Pasi Intel Yonif 713/ST Letda Inf Rahim, pembaca Naskah Ikrar oleh Lettu Inf Jasrun sebagai dan pembaca Do’a oleh Pabintal Korem 133/NW Letda Inf Yurilhak Bawenti, upacara selesai.

Hari Kesaktian Pancasila merupakan salah satu peringatan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Peristiwa sejarah ini berkaitan dengan tragedi gerakan 30 September, atau biasa dikenal dengan nama G30S/PKI. Adapun tema yang diusung adalah "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju".

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober Tahun 2023 dilakukan untuk mengenang kembali sejarah kelam dalam mempertahankan ideologi Pancasila, termasuk penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi yang telah gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September atau lebih dikenal dengan sebutan G30S/PKI.

Pada upacara dibacakan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila  yang merupakan janji sungguh-sungguh membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

 

. PENERANGAN KOREM 133/NWB | KODAM MERDEKA