Selasa, 24 Oktober 2023

0 Danrem 133/NW Hadiri Kegiatan Simulasi Sispamkota Pengamanan Pemilihan Umum Tahun 2023- 2024


Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono, S.H., M.M., M.I.P. menghadiri kegiatan Simulasi Sispamkota Pengamanan Pemilihan Umum Tahun 2023- 2024, bertempat di Gelanggang David Tony Jalan Kel. Kayubulan, Kec. Limboto, Kabupaten Gorontalo, Selasa (24/10/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Gubernur Gorontalo Ir. Ismail Pakaya, M.E., Kapolda Gorontalo Irjen Pol, Drs. Angesta Romano Yoyol, M.M., Wakapolda Gorontalo Brigjen Pol. Drs. Pudji Prasetijanto Hadi, M.H., Kabinda Gorontalo Khairul Amir S.Si, Kasiops Kasrem 133/NW Kolonel Inf Prabowo, Dandim 1304/Gorontalo Kolonel  Inf Mustamin, S.E., M.Han., Karo Ops Polda Gorontalo Kombes Pol. Drs. Tony E. P. Sinambela M.Si., Kapolres Gorontalo AKBP Dadang. Wijaya, S.I.K, M.M., Danlanal Gorontalo Letkol Laut (P) Indragiri Yani W,S.T., M.Sc., M.Tr.Opsla, Dandim 1315/KG Letkol Arm. Yudi Ari Irawan, S. Sos. M. Han., Pasi Intel Korem 133/NW Kapten Inf Nendra  Purwanto dan Para PJU Polda Gorontalo.

Pada saat diwawancarai, Kapolda Gorontalo Irjen Pol, Drs. Angesta Romano Yoyol, M.M. menjelaskan bahwa simulasi Sispamkota dilakukan dengan tujuan untuk mempersiapkan personel dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi dalam pengamanan Pemilihan Umum 2024.

Pemilu tahun 2024 memiliki kompleksitas dan karakteristik unik, karena untuk pertama kalinya, pemilu dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) diadakan serentak pada tahun yang sama.

Dari perspektif kamtibmas, peningkatan intensitas kegiatan politik ini dapat menciptakan potensi kerawanan, yang dapat mengganggu persatuan dan memicu penyebaran hoaks serta ujaran kebencian yang berpotensi menimbulkan konflik sosial.

Kapolda Gorontalo menekankan komitmen Polri untuk menjaga penyelenggaraan pemilu tahun 2024 agar berjalan dengan aman, lancar, dan damai. Potensi kerawanan telah diidentifikasi dan akan ditangani secara profesional dan berkelanjutan.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kapolda Gorontalo mengingatkan semua peserta simulasi Sispamkota untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, serta koordinasi antar fungsi agar tugas yang diemban dapat dilaksanakan secara profesional, proporsional, modern, dan terpercaya.

"Simulasi Sistem Pengamanan Dalam Kota (Sispamkota) ini menjadi langkah awal dalam rangkaian persiapan Pengamanan menjelang Pemilu 2024. Saya selaku Kapolda Gorontalo dan Forkopimda Provinsi Gorontalo berharap bahwa dengan berlatih dan berkoordinasi dengan baik, dapat menjaga ketertiban dan keamanan selama masa Pemilu, sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dalam proses demokrasi dengan aman dan tenang," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

. PENERANGAN KOREM 133/NWB | KODAM MERDEKA