Jumat, 06 Oktober 2023

0 Meriahkan HUT TNI Ke-78, Korem 133/NW Gelar Pertunjukan Wayang Kulit

 



Sebagai bentuk kepedulian dalam melestarikan seni dan budaya, Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap menggelar pagelaran wayang kulit dengan lakon "Bimo Kridho" serentak di 78 lokasi berbeda di seluruh Indonesia dan diluar Negeri yaitu Wasinton DC dan Suriname.

Pagelaran wayang kulit yang dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI yang mengambil tema "TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju".

Dalam hal tersebut, untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-78, Korem 133/ Nani Wartabone menggelar pertunjukan wayang kulit yang berlangsung di halaman Koramil 1315-05 Boliyohuto, Kodim 1315/Kabupaten Gorontalo, Desa Sidodadi, Kecamatan Boliyohuto, Jum’at (6/10/2023).

Pagelaran budaya wayang kulit dengan Lakon Bimo Kridho yang didalangi oleh Ki Gandeng Ardianto tersebut ditandai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.



Dalam sambutannya, Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono, S.H., M.M., M.I.P., menyampaikan peringatan HUT TNI Ke-78 ini merupakan momen untuk mengenang pengabdian para pahlawan yang telah mendahului kita semua dan TNI ada selalu di hati Rakyat. Untuk itu selalu berusaha dekat dengan mereka. Salah satu cara yang digunakan untuk menyapa adalah melalui pementasan hiburan. Karena disini kita berkumpul bersama - sama menikmati pertunjukan Pagelaran wayang kulit.

Dengan menggelar acara hiburan banyak manfaat yang bisa diperoleh seperti menghidupkan dan menjaga kelangsungan kesenian rakyat. Jika mereka sering tampil maka generasi muda akan tahu bahwa kita mempunyai kebudayaan yang sangat luhur warisan nenek moyang. Salah satunya Pagelaran Wayang Kulit, khususnya di Boliyohuto.

"Saat ini gempuran kebudayaan dari luar yang tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia terus menggerus dan mempengaruhi generasi muda. Maka kita wajib membendungnya. Cara yang dilakukan adalah dengan mengadakan pertunjukan setiap ada kegiatan. Seperti saat ini Korem 133/NW sedang memperingati HUT TNI yang ke 78 dengan cara memeriahkan menggelar Pagelaran Wayang Kulit yang ada di Boliyohuto," ungkap Brigjen TNI Totok Sulistyono.

Tokoh wayang kulit dengan Lakon Bimo Kridho yang dipersembahkan memiliki kesetian terhadap Negara dengan merebut kemenangan tanpa dengan Kekerasan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda Provinsi Gorontalo, Kasrem 133/NW berserta Para Kasi Kasrem 133/NW, Danlanal Gorontalo, Para Dandim jajaran Korem 133/NW, Kerukunan Keluarga Indonesia Jawa (KKIJ) Wilayah Gorontalo, dan tamu undangan yang hadir.

0 komentar:

Posting Komentar

 

. PENERANGAN KOREM 133/NWB | KODAM MERDEKA