Rabu, 18 Oktober 2023

0 Kasrem 133/NW Hadiri Sosialisasi Program Talih Asih Penambang Diareah konsensi PT. GSM Dan PT. PETS Kab. Pohuwato

 



Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono, S.H., M.M., M.I.P., diwakili Kasrem 133/NW Kolonel Inf Mochamad Arief Hidayat menghadiri kegiatan Sosialisasi Program Talih Asih penambang diareah konsensi PT. GSM Dan PT. PETS Kab. Pohuwato, bertempat di Hotel Sunrise Kab. Pohuwato, Rabu (18/10/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua MPR - RI Prof. Ir. Fadel Muhamad, Pj. Gubernur Gorontalo Ir. Ismail Pakaya, M.E., Kapolda Gorontalo Irjen Pol Angesta Romano Yoyol, Kabinda Prov. Gorontalo Khairul Amir., S. SI, Dandim 1313/Pohuwato Letkol Inf. Aribowo Dwi Hartanto, S,IP, M.IP., Kapolres Pohuwato AKBP Joko Sulistiono., SH,SIK.,MH., Wabup Pohuwato Hj. Suharsi Igirisa, S.IP., M.Si., Ketua DPRD Kab. Pohuwato Nasir Giase, Kaban Kesbangpol Kab. Pohuwato Yunus Mohamad, Direktur Utama PT. Gorontalo Sejahtera Mining dan PT. Puncak Emas Tani Sejahtera Boyke Poerbaya Abidin, Perwakilan masyarakat penambang.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Gorontalo Ir. Ismail Pakaya, M.E., menyampaikan pada kegiatan sosialisasi, terkait kapan akan dibayarkan tali asih oleh PT. Pets atau GSM, saya dan Kapolda akan menyampaikan beberapa hal, terkait apa saja guna menindak lanjuti beberapa aspirasi, tuntutan yang disampaikan kepada kami.

Aspirasi para penambang terkait dengan tali asih, kami bersama-sama unsur forkopimda dan perwakilan penambang kami sudah mendapatkan informasi, sekaligus kami sudah ketemu dengan pihak perusahaan.

Lebih lanjut, Pj. Gubernur Gorontalo menjelaskan menindaklanjuti aspirasi dan tuntutan jangka pendek yang disampaikan oleh aksi massa pada 21 September 2023, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah melakukan pertemuan dengan penambang dan pimpinan perusahaan. Pada pertemuan itu diperoleh data 2.135 proposal tali asih yang sudah diserahkan ke Pemkab Pohuwato dan Satgas. Di luar jumlah tersebut ada lokasi yang mempunyai titik koordinat tetapi tidak punya proposal sebanyak 419 titik.

Berdasarkan diskusi kami dengan pihak perusahaan, semuanya diterima baik yang ada proposalnya maupun tidak punya proposal tapi ada titik koordinatnya, dengan catatan akan diverifikasi ulang. Verifikasi proposal tali asih untuk 2.554 titik akan dilaksanakan dengan melakukan pengujian lapangan. Pengujian lapangan yang akan melibatkan perusahaan, pemilik lokasi, tokoh masyarakat, satgas, serta unsur TNI dan Polri, bertujuan untuk memastikan orang yang berhak menerima tali asih.

"Dijadwalkan pelaksanaan pengujian lapangan akan dimulai pada Sabtu, 21 Oktober 2023, dan ditargetkan paling lambat akhir tahun ini seluruh lokasi sudah diverifikasi. 2.554 lokasi tersebut dibagi dalam 17 blok dan untuk verifikasi awal akan dimulai dari blok Kolokoa," tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

. PENERANGAN KOREM 133/NWB | KODAM MERDEKA