Kamis, 02 Februari 2023

0 Korem 133/NW Gelar Kegiatan Kunjungan Belajar Pesantren Al-Falah

 

Komando Resor Militer (Korem) 133/Nani Wartabone menggelar kegiatan Kunjungan Belajar dari Pondok Pesantren Al-Falah, bertempat di Aula Kusno Danupoyo, Makorem 133/NW, Jl. Trans Sulawesi Desa Tridharma Kec. Pulubala Kab. Gorontalo, Kamis (2/2/2023).

Kegiatan kunjungan belajar tersebut diikuti oleh para santri dan santriwati dari Pondok Pesantren Al-Falah. Kegiatan diawali dengan sambutan Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono, S.H., M.M., M.I.P yang dibacakan oleh Kasrem 133/NW Kolonel Inf Ignatius Trijoko Budi S. menyampaikan saya ucapkan selamat datang di Makorem 133/Nani Wartabone. 

"Untuk diketahui, Korem 133/Nani Wartabone membawahi 5 Kodim dan 1 Batalyon Infanteri yaitu Kodim 1304/Gorontalo, Kodim 1313/Pohuwato, Kodim 1314/Gorut, Kodim 1315/Kab. Gorontalo, dan Kodim 1316/Boalemo serta Yonif 713/Satya Tama," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kasrem mengingatkan kepada para santri betapa pentingya kesadaran berbangsa dan bernegara sebagai pondasi kekuatan bangsa guna menjaga tetap utuh dan tegaknya NKRI serta menjamin keselamatan bangsa dari berbagai tantangan dan ancaman yang masih akan terus berlangsung.

Bela Negara adalah wawasan kebangsaan, dalam bela negara minimal didasari oleh membiasakan diri belajar disiplin, kerjasama dalam solidaritas, tanggung jawab dan membentuk pribadi yang unggul, semangat kebangsaan, tekad Bhineka Tunggal Ika, kesadaran bela negara serta kecintaan terhadap tanah air, bekerjalah sesuai dengan tupoksi itu sudah termasuk Bela Negara.

Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara sangat penting bagi kita semua dalam rangka menghadapi kompleksitas atau ancaman dari terorisme, radikalisme, separatisme, bahaya narkoba, konflik horizontal dan vertikal. Pelaksanakan bela negara merupakan hak dan kewajiban tiap-tiap warga negara yang sudah diatur dalam undang-undang. Spektrum bela negara sangat luas mulai dari hubungan baik sesama sampai dengan menangkal ancaman musuh secara bersama-sama.

"Falsafah bela negara adalah rela berkorban dengan cara bersikap dan bertindak terbaik untuk bangsa dan negara. Jadi kesimpulannya Cintailah perbedaan, selalu kompak, bersatu, bangkit dan maju untuk membangun bangsa Negara Indonesia," terangnya.

Lebih lanjut Kasrem menjelaskan wawasan kebangsaan dan bela negara sangat penting untuk diketahui semua warga negara khususnya generasi muda termasuk para santri dan santriwati Pondok Pesantren Al-Falah, karena tanggung-jawab Bela Negara tidak hanya pada aparat keamanan tetapi semua rakyat sesuai profesinya masing-masing. Sebagai pelajar harus memiliki cinta tanah air dan rasa bela negara karena itu santri dan santriwati harus tekun dan rajin belajar dan berperilaku disiplin.

"Perilaku cinta tanah air bisa diwujudkan oleh santri dan santriwati diantaranya bersekolah dengan rajin belajar dan berlatih, bercita-cita luhur, mentaati aturan atau hukum, menghormati perbedaan suku dan keragaman, tidak saling menghina umat beragama, bersikap prilaku yang baik, tidak menghina simbol atau lambang negara, dan lainnya," tandasnya.

Kolonel Inf Ignatius Trijoko Budi S. berharap dengan pembekalan pengetahuan wawasan kebangsaan yang diikuti para santri dan santriwati Pondok Pesantren Al-Falah ini, dapat meningkatkan rasa cinta kepada Tanah air, tidak mudah terpengaruh radikalisme dan memiliki kedisiplinan yang tinggi dalam belajar, sehingga para santri akan timbul rasa nasionalisme, memahami nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 serta tumbuh semangat juang Bela Negara untuk memajukan bangsa Indonesia.

Kunjungan Belajar dari Pondok Pesantren Al-Falah tersebut juga dirangkaian dengan kegiatan perkenalan Sejarah Satuan Korem 133/Nani Wartabone, Pemberiaan Materi Tentang Komcad Oleh Kasiter Kasrem 133/NW, Pemberian Materi Kampanye Kreatif Tentang Penerimaan Prajurit TNI AD oleh Kaajenrem 133/NW, Pemberian Materi Wawasan Kebangsaan Oleh Pasi Komsos Siterrem 133/NW dan Kegiatan Out Bond dilapangan Makorem 133/NW.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasrem 133/NW Kolonel Inf Yayat Priatna P, S.I.P., M.Tr.(Han), Ka Anjenrem 133/NW Letkol Caj Prabu, Pasi Komsos Siterrem Korem 133/NW Mayor Inf Basrang, Ka Infolahta Rem 133/NW Lettu Inf Suyono, Paur minpers Ajenrem 133/NW Letda Caj Ilfan, Pimpinan Pondok Pesantren Al-falah Dr. Munkizul Umam Kau, M. Phil, Para pengurus pondok pesantren Al-Falah dan Para santri-santriwati Pondok Pesantren Al-Falah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

. PENERANGAN KOREM 133/NWB | KODAM MERDEKA