Minggu, 19 Februari 2023

0 Korem 133/Nani Wartabone Ikuti Kegiatan Istighosah Kubro Dalam Rangka Isra dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1444 H

 

Komando Resor Militer (Korem) 133/Nani Wartabone mengikuti Kegiatan Istighosah Kubro dalam rangka Isra dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1444 H/2023 bertempat di Masjid Baiturrahim Kota Gorontalo Jalan Nani Wartabone, Kel. Limba B, Kec. Kota Selatan, Kota Gorontalo, Minggu (19/2/2023).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI KH Maruf Amin dan Ketua MUI Pusat KH Cholil Nafis tersebut dilaksanakan secara video conference tersebut dimulai dari pukul 04.00 WIB dan dilaksanakan secara serentak oleh Prajurit TNI dan Forkopimda diseluruh Indonesia, terpusat di Masjid Agung Kabupaten Cianjur.

Mengawali sambutannya, Kasad mengucapkan terima kasihnya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Selaku Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia atas undangan dan terselenggaranya kegiatan ini.

"Mengenai peringatan Isra’ Mi’raj sendiri, dirinya mengatakan, hal itu merupakan perjalanan spiritual yang luar biasa, sekaligus merupakan salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW yakni pertemuan antara Rasulullah dengan Sang Khalik Allah SWT untuk mendapatkan perintah tentang sholat," terangnya.

Bahkan menurut pendapat beberapa ahli, diungkapkapnya, peristiwa Isra’ Mi’raj memiliki dimensi pemahaman tentang syariah, hakikat dan makrifat. Serta pertemuan paling bersejarah antara makhluk ciptaan Allah SAW dari segala sesuatu yang ada di alam semesta.

Sedangkan bagi TNI AD, Kasad menilai, peristiwa Isra’ Mi’raj memberikan pelajaran dan keteladanan tentang ketaatan terhadap pemerintah sekaligus keteladanan tentang kepedulian pemimpin terhadap anak buah.

Oleh karena itu, Jenderal Dudung Abdurachman berharap, agar peringatan kali ini dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT, serta dapat mengimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Melalui kegiatan Istighosah Kubro yang dilakukan, Kasad menjelaskan, merupakan salah satu sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT agar memperoleh ketenangan di dunia dan semakin kuat, serta memberikan penjelasan dan kesabaran dalam menerima musibah dan bencana sebagai ujian untuk mampu kembali bangkit ke arah perbaikan kehidupan yang lebih baik di tengah bidang kehidupan yang semakin dinamis dan kompleks.

Mengenai sinergitas antara TNI dan Ulama serta komponen bangsa lainnya selama ini, ditegaskannya bahwa, hal itu didasari atas rasa persaudaraan serta persatuan dan kesatuan bangsa dan dalam setiap kesempatan, saya selalu menyampaikan kepada seluruh prajurit Angkatan Darat bahwa, Angkatan Darat harus selalu berada di tengah-tengah kesulitan rakyat, apapun bentuknya kesulitan tersebut. Serta harus selalu menjadi solusi karena rakyat adalah ibu kandungnya TNI.

"Untuk itu, mari kita saling bahu-membahu, gotong-royong, saling berbagi, saling menguatkan dan saling mendoakan dalam menghadapi berbagai persoalan, ujian dan musibah yang melanda negeri kita. Juga mari sama-sama pada kesempatan yang berbahagia ini mendoakan para pemimpin bangsa bapak Presiden Republik Indonesia, bapak Wakil Rresiden Republik Indonesia beserta jajaran pimpinan DPR MPR yang sedang terus berjuang dan mengabdi semoga diberikan kekuatan, kesehatan rahman dan rahim dalam memimpin negeri dengan semangat beribadah kepada Allah SWT," tandasnya.

Sesudah melaksanakan Kegiatan Istighosah Kubro, Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono, S.H., M.M., M.I.P menyampaikan saya atas nama pribadi dan warga Korem 133/NW mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi pada kegiatan hari ini sehingga bisa mengikuti tauziah dan istighosah yang dilakukan sejak subuh karena masih setia menunggu rangkaian kegiatan hari ini. 

"Isra Mi'raj adalah penting dalam sejarah umat Islam dimana Rasulullah SAW diangkat ke langit dan menerima perintah untuk melaksanakan Sholat lima waktu, peristiwa ini mengajarkan kita tentang kebesaran dan ke Agungan Allah SWT serta pentingnya menjalankan perintahnya," ungkapnya.

Danrem juga mengatakan melalui acara Istighosah akbar ini kita bersama sama berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT agar diberikan kekuatan dan petunjuk dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara. 

"Sebelum Mengakhiri sambutan ini saya berharap acara Istighosah Akbar dan sholat subuh bersama ini membawa manfaat dan keberkahan bagi kita Mari kita terus bersama-sama menjaga dan memperkuat ukhuwah islamiyah," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda Provinsi Gorontalo, Para Kasi Kasrem 133/NW, Para Ka Balak Aju Korem 133/NW, Dandim 1304/Gorontalo Kolonel Inf Arif Munawar, S.E., M.M, Kapolres Kota Gorontalo Kombes Pol.Dr. Ade Permana, S.IK, MH, Kaban Kesbangpol Kota Gorontalo Drs. Arifin Mohamad M.Si, Ketua DKM Masjid Baiturrahim Kota Gorontalo Hj. Yusri Deu, Kasdim 1304/Gorontalo Letkol Arm Drs Mansur Saiu, Para Pasi Kodim 1304/Gorontalo, para Danramil Jajaran Kodim 1304/Gorontalo, para prajurit jajaran Korem 133/NW dan bersama Ibu Persit KCK Cabang XVI 1304/Gorontalo.

0 komentar:

Posting Komentar

 

. PENERANGAN KOREM 133/NWB | KODAM MERDEKA