Sabtu, 05 Agustus 2023

0 Kasrem 133/NW Hadiri Panen Raya Jagung Oleh Penjabat Gubernur Dan Forkopimda Gorontalo

Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono, S.H., M.M., M.I.P., diwakili Kasrem 133/Nani Wartabone Kolonel inf Moch Arif Hidayat menghadiri Panen Raya Jagung Oleh Penjabat Gubernur Dan Forkopimda Gorontalo, bertempat di Desa Helumo, Kecamatan Motilango, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (5/8/2023).

Dalam sambutannya Pj. Gubernur Gorontalo Ir. Ismail Pakaya, M.E., mengucapkan terima kasih kepada seluruh pejabat dan masyarakat yang telah hadir dalam rangka kegiatan panen raya jagung di desa Helumo.

"Di desa ini sudah mampu meningkatkan produksi jagung dengan teknologi yang di gunakan, di Kecamatan Boliyohuto, Tolangohula dan Motilango adalah daerah lumbung pangan Kabupaten Gorontalo, dalam 1 hektare bisa menghasilkan 10,4 ton jagung," ujarnya.

Provinsi Gorontalo diprediksi akan mengalami kemarau sampai dengan bulan januari 2024, puncaknya bulan september. Saya menghimbau ketua-ketua kelompok tani, para penyuluh, Kadis pertanian baik provinsi maupun kabupaten untuk mengantisipasi lebih awal. Setelah panen jagung akan menanam komoditi jagung atau yang lainnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Gorontalo Prof. Dr. Nelson Pomalingo.M.Pd., menyampaikan rasa bangganya terhadap masyarakat di wilayah mootilango serta pada umumnya kompen masyarakat Boliyohuto, Tolangohula dan motilango khususnya petani yang terus berkembang hasil Produksinya. Pemerintah daerah terus mendorong kemandirian pangan sehingga tidak sekedar padi dan jagung tapi juga beberapa komoditi lainnya.

Bupati Nelson melaporkan, Bulan September nanti akan ada kegiatan dunia di Kabupaten Gorontalo World Coconut Day atau hari kelapa se dunia, sekitar 20 Negara penghasil kelapa akan datang di Gorontalo, tahuh lalu berada di India dan tahun ini tuan rumah Indonesia dan di pusatkan di Kabupaten Gorontalo.

Kegiatan hari kelapa se dunia ini dimana rencana akan dilaksanakan di Kecamatan Mootilango yaitu di desa Bondula. Selain menjadi tuan rumah hari kelapa se dunia, Pemerintah Kabupaten Gorontalo tengah mempersiapkan pelaksanaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (PENAS KTNA) ke XVII tahun 2026.

"Pada Saat menerima kunjungan Tim KTNA Nasional ke XVII kabupaten Gorontalo disampaikan layak menjadi tuan Rumah. Pekan Nasional KTNA yang dilaksanakan di Kabupaten Gorontalo akan dihadiri 30 hingga 50 Ribu Petani dan nelayan di seluruh Indonesia sehingga ini akan memberikan dampak positif bagi Kabupaten Gorontalo, dari sektor ekonomi maupun pariwisata," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

. PENERANGAN KOREM 133/NWB | KODAM MERDEKA