Kamis, 10 Agustus 2023

0 Kasrem 133/NW Pimpin Upacara Penutupan TMMD Reguler Ke 177 Kodim 1304/Gorontalo

 

Dalam upaya mewujudkan visi dan misi pembangunan Nasional, TNI berkewajiban untuk mendukung terciptanya sasaran strategis dan prioritas Nasional sesuai dengan fungsinya. Selain itu, TNI juga berkewajiban untuk menjaga stabilitas keamanan dalam rangka menjamin pembangunan Nasional yang salah satu programnya dan kegiatan prioritas dalam bidang Teritorial TA 2023 yaitu TMMD yang mengusung tema "Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI Rakyat Semakin Kuat".

Dalam hal ini, Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono, S.H., M.M., M.I.P., diwakili Kasrem 133/NW Kolonel Inf Mochmamad Arief Hidayat sebagai inspektur upacara penutupan TMMD ke 117 TA 2023 Kodim 1304/Gorontalo, bertempat di lapangan Sebanusa, Desa Tongo, Kecamatan Bone Pantai, Kabupaten Bone Bolango, Kamis (10/8/2023).

Pada Upacara Penutupan tersebut Kasrem 133/NW membacakan amanat Pangdam XIII/Merdeka yang diantaranya TMMD merupakan bagian dari Program bakti TNI yang dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat, instansi terkait dan lembaga pemerintahan.

Program ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mendorong bertambahnya partisipasi aktif masyarakat di pedesaan guna membangun daerahnya, guna peningkatan kesejahteraan dan terciptanya kondisi keamanan yang kondusif serta sebagai prasyarat berlangsungnya pembangunan berbagai aspek untuk percepatan kemajuan wilayah.

"Sejalan dengan tema TMMD kali ini Sinergitas Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat, saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bekerjasama membangun daerah dan menghadapi tantangan teknologi, ekonomi, dan sosial budaya, untuk itulah Prajurit TNI Hadir ditengah masyarakat menyebarkan semangat gotong royong dan menyebarkan energi positif menuju keunggulan, sehingga pada hari ini, kita dapat menyelesaikan seluruh kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 TA 2023 di Wilayah Kerja Kodam XIII/Merdeka dengan tertib, aman, lancar dan sukses," terangnya.

Bagaimanapun juga, TNI lahir dari rakyat, sehingga keberadaannyapun harus bermanfaat bagi rakyat, dan akan selalu manunggal dengan rakyat. Di setiap kegiatan TMMD, kita dapat menyaksikan cucuran keringat dan semangat gotong-royong serta kebersamaan yang terpancar di setiap wajah para Prajurit TNI dan masyarakat serta aparat terkait yang bekerja di lapangan. Ini adalah refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa untuk membangun Indonesia.

"Selaku Pengendali Kegiatan Operasional TMMD di wilayah Kodam XIII Merdeka, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya atas hasil yang telah dicapai oleh Satgas TMMD ke-117 beserta seluruh warga masyarakat Desa Tongo Kecamatan Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango," ungkapnya.

Lebih lanjut, Pangdam mengatakan Saya yakin, keberhasilan ini tak lepas dari partisipasi aktif dan dukungan penuh pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat serta instansi terkait. Selanjutnya kepada pemerintah daerah dan masyarakat setempat, saya serahkan hasil karya TMMD ke117 ini untuk dimanfaatkan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya, agar dapat memberikan nilai guna yang tinggi bagi kesejahteraan masyarakat. 

"Namun demikian, apabila selama pelaksanaan TMMD ini terdapat perbuatan dan tutur kata maupun tingkah laku para prajurit saya yang kurang tepat ataupun tidak berkenan di hati bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, saya mohon maaf yang sebesar besarnya. Akhirnya, dengan mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini, Kamis, 10 Agustus 2023, pukul 09.35 Wita, TNI Manunggal Membangun Desa ke117 TA 2023 di Wilayah Kodam XIII/ Merdeka secara resmi saya nyatakan ditutup," pungkasnya.

Kemudian kegiatan juga dirangkaikan dengan Penyerahan BLT dari Pemdes Kemiri dan Tongo, Penyerahan Administrasi kependudukan dari Dukcapil, Demontrasi marching Band dari SMKN 1 Bone Pantai dan Peninjauan lokasi TMMD.

0 komentar:

Posting Komentar

 

. PENERANGAN KOREM 133/NWB | KODAM MERDEKA